Digital Marketing

Cara Membuat Content Marketing Menarik Agar Brand Awareness Meningkat

Brand apa yang pertama kali terlintas dalam benak anda ketika mendengar kata air mineral? Itulah brand awareness. Dengan brand awareness yang tinggi, maka brand anda semakin mudah diingat. Salah satu cara untuk meningkatkan brand awareness adalah dengan penggunaan strategi dan membuat content marketing.

Menggunakan content marketing tidak langsung membuat bisnis anda sukses dengan brand awareness yang meningkat. Tentu saja butuh strategi yang tepat dalam menjalankan content marketing. 

Seberapa Penting Brand Awareness? 

Dalam bisnis, brand awareness merupakan komponen yang cukup penting untuk meningkatkan kesuksesan. Istilah brand awareness berarti seberapa jauh konsumen mengenal brand yang anda miliki.

Contohnya, brand apa yang akan anda ingat ketika berbicara tentang air mineral? Brand yang pertama kali anda ingat berarti memiliki brand awareness yang cukup baik. Kebanyakan orang juga akan mengingat brand yang sama.

Dari contoh di atas, anda pasti sudah mengetahui seberapa pentingnya brand awareness untuk bisnis. Semakin kuat brand awareness, semakin tinggi ingatan konsumen terhadap bisnis anda. Dampaknya akan membuat produk atau jasa anda semakin mudah terjual.

Selain membuat konsumen terus mengingat brand yang anda miliki, brand awareness juga penting untuk menjaga kepercayaan dan loyalitas dari pelanggan. Fungsi lain dari brand awareness adalah peluang mendapatkan konsumen yang lebih banyak dan peningkatan penjualan dalam jangka panjang. 

data brand awareness

Anda juga bisa meninjau data diatas mengenai peningkatan brand awareness melalui content marketing sangat dibutuhkan. Sebab pencarian melalui search engine atau website menjadi salah satu cara pengenalan produk atau brand agar mudah diketahui khalayak umum.

Salah satu cara untuk meningkatkan brand awareness adalah dengan menjalankan content marketing. Tentu saja anda harus membuat konten yang menarik agar bisa mendapatkan citra brand yang positif di benak konsumen.

Agar content marketing dapat berjalan dengan maksimal, tentu saja ada banyak hal yang harus anda lakukan. Namun, langkah paling penting adalah membuat konten yang menarik untuk para konsumen.

Apa Saja yang Diperhatikan Agar Konten Menarik?

Konten akan dikonsumsi oleh calon pelanggan sehingga anda harus membuat konten yang menarik. Semakin menarik konten yang anda buat, maka akan semakin bagus. Konten yang menarik bisa anda lihat dari hal berikut ini:

1. Jenis Konten yang Digunakan

jenis konten yang digunakan

Ada banyak sekali jenis konten yang dapat anda gunakan dalam membuat konten, seperti gambar, carousel, video panjang, video pendek, artikel, infografis, microblog, dan lain sebagainya. 

Buatlah konten yang memang bisa anda buat. Namun, tetap harus menyampaikan informasi dengan tepat. Kalau bisnis anda ingin menyampaikan informasi yang cukup banyak kepada para konsumen, maka anda bisa membuat video berdurasi panjang.

Kalau anda terbiasa membuat gambar, maka anda bisa menyampaikan semua informasi yang ingin anda sampaikan melalui infografis. 

Jenis konten yang akan anda sampaikan juga harus disesuaikan dengan konsumen anda. Kalau konsumen anda sering melihat konten artikel, maka akan sulit untuk menjangkau mereka dengan konten gambar. 

Konten tidak hanya berupa sesuatu yang anda bagikan secara gratis di media sosial. Anda juga bisa membuat e-book, game, atau podcast yang bisa didapatkan oleh konsumen dengan menukarkan nomor telepon atau email. 

2. Memahami Topic yang Dibahas

Ketika membuat konten, berarti anda ingin membahas sesuatu dengan audiens. Sebelum melontarkan sesuatu, tentu saja anda harus memahami topik yang akan anda bahas terlebih dahulu. Dari topik yang sudah anda pahami itulah terjadi diskusi dan interaksi dengan calon pelanggan. 

Interaksi yang bagus akan menambah kesan positif terhadap brand bisnis anda. Hal ini juga akan menambah pengikut baru pada media sosial bisnis anda. Setiap topik yang akan anda bahas pada konten harus mampu menjawab permasalahan dari konsumen.

Konten yang mampu menjawab permasalahan konsumen akan meningkatkan peluang terjadinya penjualan produk atau jasa. 

Sebagai pembuat konten, secara tidak langsung anda sebagai pemimpin diskusi. Akan sulit untuk mendapatkan kesan positif dari konsumen kalau anda sendiri tidak memahami topik yang anda angkat. 

3. Referensi Konten

Seperti yang disebutkan sebelumnya kalau akan ada topik yang akan dibahas ketika membuat suatu konten. Topik dari konten tersebut memuat berbagai informasi yang berguna untuk mengatasi permasalahan dari orang yang melihat konten anda. 

Agar tidak salah menyampaikan informasi, anda harus memiliki referensi atau sumber data yang akurat. Hal ini akan membantu anda untuk membuat konten yang dapat dipercaya. Dengan konten yang akurat dan dapat dipercaya, maka brand awareness bisnis anda juga akan meningkat. 

Karena itu, pastikanlah referensi atau sumber data dari konten yang anda buat tepat dan akurat sehingga bisa dipercaya oleh audiens. Ini juga menjadi salah satu alasan anda harus memahami topik konten yang akan anda buat.

4. Distribusi Konten pada Channel yang Tepat

distribusi konten marketing

Membuat konten menjadi langkah awal yang sangat tepat dalam menjalankan content marketing dan meningkatkan brand awareness. Namun, content marketing tidak akan berjalan dengan maksimal kalau tidak ada audiens atau konsumen yang melihat konten anda. 

Maka dari itu, anda harus menyalurkan konten tersebut dengan cara yang tepat agar bisa sampai kepada audiens. Cara menyalurkan konten yang tepat adalah dengan melakukan distribusi pada channel yang tepat. 

Kalau dulu, distribusi konten dapat dilakukan melalui majalah, koran, papan iklan, dan iklan televisi. Sekarang, konten dapat anda distribusikan melalui media sosial, seperti facebook, instagram, twitter, youtube, podcast, dan lain sebagainya. Tidak hanya melalui media sosial, anda juga dapat menyalurkan konten yang telah anda buat melalui website, blogspot, dan forum online lainnya. 

Melakukan distribusi konten tidak bisa dilakukan secara asal saja. Anda harus mengetahui dimana audiens anda berada. Kalau audiens anda banyak berada di youtube, maka anda akan kesulitan menjangkau calon pelanggan jika hanya menyalurkan konten melalui facebook atau twitter.

Inilah pentingnya mengetahui kebiasaan pelanggan anda agar bisa menyalurkan konten dengan tepat dan memberikan konten yang terbaik.

Berikut Langkah Membuat Content Marketing

Agar content marketing dapat berjalan maksimal dan menarik sehingga bisa meningkatkan brand awareness, ada beberapa langkah yang dapat anda terapkan. Inilah langkah dalam menerapkan content marketing:

1. Pahami Target Audiens Anda

Seperti yang sudah dijelaskan di atas kalau memahami pelanggan atau audiens sangat penting agar anda bisa memberikan konten dan menyalurkannya dengan tepat. Memahami audiens perlu dilakukan secara detail.

Anda harus mengetahui kebiasaan penggunaan media sosial, umur, jenis kelamin, permasalahan, penghasilan, dan lain sebagainya dari target market bisnis anda. Untuk membantu memahami target audiens, anda juga bisa membuat persona buyer.

Persona buyer merupakan karakter fiktif yang dibuat seolah menjadi pelanggan setia dari bisnis anda. Dari persona buyer tersebut, anda bisa membuat konten yang tepat. Namun, pastikan anda membuat persona buyer dari data yang tepat. Data persona buyer atau target market ini bisa anda dapatkan dari internet.

2. Jadwalkan Konten Sesuai Topic yang Dibahas

jadwal membuat konten

Setiap jenis konten memiliki tujuan yang berbeda-beda, seperti mendapatkan pengikut baru, meningkatkan interaksi, atau peningkatan kunjungan situs. Misalnya, konten video dengan topik ringan cocok untuk mendapatkan pengikut baru. 

Untungnya, anda bisa melakukan semua tujuan tersebut dalam waktu yang berdekatan. Anda bisa membuat jadwal konten sesuai dengan topik yang dibahas. Pada minggu pertama, anda bisa fokus mendapatkan pengguna baru. Pada minggu selanjutnya, anda bisa fokus berinteraksi dengan audiens yang sudah lama mengikuti media sosial anda.

3. Fokus Kualitas Penulisan

Salah satu syarat agar content marketing dapat berjalan dengan maksimal adalah membuat konten secara konsisten. Semakin sering anda memberikan konten, maka audiens akan semakin banyak. Namun, bukan berarti anda harus mengorbankan kualitas dari konten itu sendiri.

Agar konten yang anda buat tetap menarik, buatlah konten dengan kualitas yang bagus. Kalau anda membuat konten berupa artikel, maka buatlah kualitas penulisan yang baik. Kalau anda membuat konten gambar dengan visual yang memanjakan, pastikan visual dari konten tersebut cukup baik.

4. Penggunaan Bahasa yang User Friendly

Anda harus menganggap kalau konsumen anda merupakan orang baru yang belum mengerti apapun tentang bisnis, produk, atau jasa yang anda tawarkan. Karena itu, jangan menggunakan bahasa atau istilah khusus yang hanya dimengerti oleh anda. Hal ini akan membuat para calon konsumen menjadi bingung.

Gunakanlah bahasa yang mudah dimengerti oleh audiens. Selain itu, sesuaikan juga bahasa dengan kebiasaan audiens. Misalnya, anda ingin menyasar target market anak muda. Maka, anda bisa menggunakan bahasa yang gaul dan kekinian. Namun, bahasa tersebut tentu akan sulit dimengerti kalau anda menyasar orang yang sudah tua. 

5. Gunakan Data yang Valid

penggunaan data yang valid

Data yang valid juga sangat penting dalam membuat konten. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya kalau membuat konten berarti anda menyampaikan informasi terhadap audiens. Data yang valid ini akan memastikan kalau anda memberikan informasi yang tepat untuk audiens.

Tidak hanya data dalam membuat konten. Dalam mencari audiens, anda juga harus menggunakan data yang valid. Beberapa data yang anda perlukan dalam mencari audiens adalah profil target market, pertanyaan terbesar market, dan dimana market berada.

6. Penambahan Gambar dan Video

Munculnya media sosial baru, seperti instagram, tiktok, dan youtube membuat kebiasaan audiens juga jadi berubah. Beberapa audiens jadi lebih menyukai konten berupa gambar dan video. Selain itu, beberapa informasi juga sulit disampaikan hanya melalui tulisan.

Karena itu, anda bisa membuat konten berupa gambar atau video yang dapat disesuaikan lagi dengan audiens. Kalau anda membuat artikel, maka tambahkan beberapa gambar atau video agar tulisan anda lebih mudah untuk dipahami.

7. Kolaborasi Dengan Tim Profesional

Menjalankan content marketing dan membuat konten yang menarik bukanlah perkara yang mudah karena butuh banyak sekali uji coba hingga anda bisa menemukan konten yang disukai audiens. 

Nah untuk menjalankan content marketing, dibutuhkan strategi dan perencanaan yang sesuai agar lebih baik dan tentunya konten yang dibuat sesuai dengan tujuannya. Anda juga bisa berkolaborasi dengan tim profesional yang sudah berpengelaman untuk pembuatan content marketing website.

Livinode siap menjadi partner kolaborasi untuk membuat content marketing sesuai dengan bisnis dan niche yang anda target. Kenapa harus kami? sebab, tim profesional kami memberikan perencanaan, riset hingga hasil yang terukur.

Tim profesional mengerti hal yang harus dilakukan untuk memaksimalkan digital marketing atau content marketing. Saatnya berkonsultasi dengan tim profesional kami sekarang juga.

Digital Marketing

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Related Posts